Sikap Umat Islam Terhadap Kepemimpinan Saat Ini ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Sikap Umat Islam Terhadap Kepemimpinan Saat Ini


Dalam sebuah hadist riwayat imam Ahmad bahwa ada lima fase kepemimpinan dalam Islam yaitu :

1. Fase Kenabian (masa Rasulullah)

2. Fase Khilafah Ala Minhajin Nubuwah atau Khilafah sesuai Metode Nabi.

3. Fase Mulkan Adhon (Sistem Kerajaan)

4. Fase Mulkan Jabriyan atau Fase Kediktatoran

5. Fase Khilafah Alaminhajin Nubuwah Kedua (kembalinya kejayaan Islam)

Menyikapi hadist ini tentunya kemunduran umat Islam sampai pada titik terparah sekalipun tidak bisa terhelakkan, karena ini merupakan sunnatullah atau sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Sebagai pribadi briman tentu kita harus yakini.

Sebagaimana dijelaskan dalam surah Ali Imron ayat 140 yang artinya, "dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran), dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) dan agar sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang zalim"

Kemunduran yg dialami umat Islam merupakan ujian, utk mengetahui siapa yg masih berpegang teguh trhadap keimanan dan siapa yang menyimpang (kufur).

Kemudian bagaimana menyikapi hal ini?

Pertama, perkuat iman. Iman menjadi benteng utama ditengah banyaknya fitnah. Kekuatan iman lahir dari berbagai ibadah yang dilakukan tentunya sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Kedua, perkuat ukhuwah dan meminimalisir perpecahan umat Islam, perpecahan umat Islam tentu tidak bisa terhelakkan. Apalagi mendekati pemilu seperti saat ini. Sikap kita bagaimana agar tidak menjadi penyebab perpecahan tersebut

Ketiga, memberi pencerahan (sesuai kemampuan) kepada umat agar lebih cerdas dalam menyikapi berbagai berita dan informasi yg beredar sangat cepat.

Keempat, mendidik generasi muda. Selaku Orangtua, pendidik maupun masyarakat harus ada kesadaran untuk memberi perhatian terhadap generasi muda, bagaimana mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa akan datang.

WAllahu a'lam bishawab

0 komentar:

Posting Komentar