Mengubah Kepribadian Menjadi Lebih Baik ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Mengubah Kepribadian Menjadi Lebih Baik

Setiap orang ingin menjadi pribadi yang baik, melakukan hal-hal yang baik karena itu adalah fitrah manusia. Namun kenapa terkadang kita merasa bahwa perubahan yang lebih baik itu sulit?, penyebabnya karena kurangnnya kesadaran diri dan dikuasai pikiran negatif.
Berfikir positif sangat penting kita lakukan karena dari pikiran yang positif akan melahirkan prilaku yang baik, kekuatan, kesinambungan dan evaluasi. Seiring perjalanan waktu, pikiran dan kesadaran positif akan berubah menjadi kebiasaan yang dilakukan manusia secara otomatis. Kebiasaan yang positif akan melahirkan hasil yang positif.

Sahabatku, menurut DR. Ibrahim Elfiky setidaknya ada 6 formula perubahan yang dapat diterapkan oleh siapapun yang ingin mengubah perilakunya.
1. Perhatian: perhatikan diri kita. Perhatikan perjalanan hidup kita. Arahkan pandangan pada diri kita. Periksa perilaku dan perbuatan kita sampai menemukan perilaku-perilaku yang buruk yang ingin kita ubah. Konsentrasilah pada sesuatu perbuatan atau perilaku ini, kemudian pindahlah pada langkah berikut.
2. Keputusan: jika kita menemukan kekurangan dalam hidup kita dan kita menyakininya sebagai cela yang menyebabkan berbagai masalah bagi kita, maka solusi terbaik adalah segera mengambil keputusan untuk memperbaiki kekurangan itu. Misalnya saya perokok berat solusi sederhananya adalah membuang sebungkus rokok yang ada dalam kantong saya.
3. Belajar: banyak hal yang ingin kita ubah tapi kebodaohan menghalanginya. Solusi terbaik bagi masalah ini adalah menambah kesungguhan untuk belajar dan memperluas wawasan. Seringkali pengetahuan kita tentang sesuatu memiliki pengaruh sangat kuat terhadap sesuatu itu. Misalnya, ketika kita membaca informasi tentang bahaya merokok, maka kita akan sadar dan terdrong untuk berhenti merokok. Maka membaca dan belajar adalah bekal yang akan membuat kita menjadi lebih baik.
4. Menydari kekurangan: dengan menyadari kekurangan bisa mendorong melakukan perubahan. Perubahan sederhana yang tepat lebih penting dan lebih baik ketimbang perubahan secara drastis. Berubahlah 1 persen tiap hari ke arah kebaikan maka dalam satu tahun kita akan mengalami perubahan yang luar biasa 365%. Semakin panjang sebuah proses maka perubahan dan manfaatnya akan lebih berarti.
5. Latihan: orang tidak dapat mengubah dirinya tanpa usaha keras. Orang yang ingin merubah dirinya bagaikan seorang peternak atau pemahat. Artinya apa? Mengubah diri membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Menciptakan kebiasaan baru membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat agar dapat membentuk kesadaran yang dalam dan kita terbiasa melakukannya.
6. Berkelanjutan: konsisten dalam perilaku yang baru adalah tindakan yang sangat penting. Konsisten merupakan bagian yang sanagt fundamental dan tidak dapat dipisahkan.

Niatkan dalam diri kita untuk mengubah perilaku kita menjadi kebribadian yang lebih baik. Jika bukan sekarang kapan lagi kita akan melakukan perubahan... jika bukan kita, siapa lagi??

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka.”

Referensi: The Secret of Happiness (karangan N. Faqih Syarif H)

10 komentar:

kangFarhan mengatakan...

sebagai insan kita harus selalu menambah kebaikan dari hari demi hari, dan benar2 nyata bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kita mengubahnya dari diri kita sendiri

Eka mengatakan...

makasih sobat atas nasehat dan sharingnya, sangat bermanfaat sekali untuk saling mengingatkan kepada hal-hal yang baik

wong ngalam mengatakan...

setuju sob,,
intinya cuma hargain diri sendiri aja sebelum hargain orang lain..
karena berbuat baik itu perlu buat kehidupan sehari-hari..
:)

April Budiman mengatakan...

apapun yang kita hadapi berusahalah untuk menjadi yang terbaik

Izhar Rahman mengatakan...

suwun ya bro, udah ngasi info kayak gini (y) keep posting n sukses :D

danny mengatakan...

merubah sesuatu hal itu sangatlah susah minta ampun karna saya pernah mencobanya.

cara mengobati kelenjar tiroid mengatakan...

pencerahan yang bagus

jus manggis murah mengatakan...

setuju sama artikel nya

Anonim mengatakan...

Hijrah

Miptah Arya mengatakan...

subhanallh

Posting Komentar