Bontang City ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Bontang City

Lambang Kota Bontang
Lambang Kota Bontang
Berkas:Locator kota bontang.png
Peta lokasi Kota Bontang
Koordinat : 117°21'-117°29' BT
0°01'-0°11' LU
Motto: Bessai Berinta
(bahasa setempat):
"Mendayung Bersama"
Semboyan:
Provinsi Kalimantan Timur
Ibu kota {{{ibukota}}}
Luas 497,57 km²
Penduduk
 · Jumlah 167.328 (2008)[1]
 · Kepadatan 336,29 jiwa/km²
Pembagian administratif
 · Kecamatan 3
 · Desa/kelurahan 15
Dasar hukum UU No. 47 Tahun 1999
Tanggal 12 Oktober 1999
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Walikota dr.H.A. Sofyan Hasdam, Sp.S
Kode area telepon 0548
APBD {{{apbd}}}
DAU Rp. 48.000.000 (2008)[2]
kota Bontang mungkin terdengar asing di telinga banyak orang karen kota ini terletak di pinggiran provinsi Kalimantan timur. Kota ini menyimpan banyak kenangan tersendiri bagi saya karena di kota inilah saya tumbuh besar.
Saya akan menulis sedikit  tentang  seluk beluk kota ini
Botang berasal dari kata Bon dan Tang (sepertinya tidak usah permasalahkan nama kota ini, saya juga kurang tahu apa makna dari nama kota ini).
Walaupun kota ini  tergolong kota yang kecil, tetapi di kota ini terdapat dua perusahaan besar yaitu LNG Badak (Penghasil gas LPG) dan PT> Pupuk (namannya aja PT. pupuk tentu penghasilannya pupuk donk) dan beberapa perusahaan besar lainnya. Kota ini tidak memiliki tempat wisata yang terkenal, akan tetapi kota ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu jauh dari polusi udara karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang lebat. Berbeda dengan kota-kota besar yang jarang sekali di temukan pepohonan dan tentu udaranya tercemar oleh kendaraan-kendaraan lalu lintas.
Biasanya, para pengunjung (luar pulau) yang ingin berkunjung ke kota ini, terlebih dahulu singgah di kota Balikpapan atau Kota Samarinda (ibu kota Kaltim) selanjutnya melanjutkan perjalanan kekota ini dengan menempuh perjalanan sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda,  mungkin perjalan ini akan sedikit menambah pengalaman bagi Anda yang belum pernah datang ke kota ini, kenapa demikian?? karena Anda akan melewati jalan yang berliku-liku (yang tidak biasa menempuh perjalan seperti ini diharapkan untuk meminum antimo atau mempersiapkan kantong plastik, bukan iklan loh.....). Tetapi klo perjalanannya di nikamati dengan menikmati pemandanagn hutan disamping kiri kanan jalan, perjalanan akan terasa lebih enjoy.
Kota ini memiliki beberapa daerah salah satunya adlah kecamatan Loktuan (terdengar aneh ya), di daerah ini terdpat pelabuhan yang sedang di renovasi dan mungkin akan menjadi pelabuhan yang indah.



Bagi Anda pecinta sepak bola tentu pernah mendengar clup sapak bola bernama Bontang PKT (sekrang berganti nama menjadi Bontang FC) yang sering mengisi tempat di liga utama Indonesia. Inilah salah satu klub yang berasal dari kota ini.
Semboyan Kota Bontang adalah "Kota TAMAN": "Tertib, Agamis, Mandiri, Aman, dan Nyaman"., karena kota ini memang  khas dengan pepohonannya. Penasaran dengan kota Bontang?? silahkan Anda mengunjungi kota ini, kotanya damai, tentram dan penduduknya berasal dari berbagai daerah, tetapi yang paling dominan berasal dari sulawesi dan jawa. Selamat datang di kota Bontang

0 komentar:

Posting Komentar