Selesaikan Masalah dengan pikiran yang Tenang ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Selesaikan Masalah dengan pikiran yang Tenang

              Kadang kala kita tercebur kedalam sumur (permasalahan). Mungkin salah satu jalan untuk keluar dari sumur itu adalah dengan mengguncangkan tanah dan kotoran dari hati dan pikiran kita untuk kemudian di jadikana sebagai pijakan untuk keluar dari masalah itu.

              Saat semua masalah sudah terasa menarik kita terlalu dalam, mungkin kita tidak perlu tenggelam dalm kepanikan yang malah menimbun kita lebih dalam. Kita bisa berusaha untuk tetap tenang, menarik nafas dalam-dalam dan menghembusakannya perlahan. Mencari suasana paling nyaman, entah itu di pegunungan, sungai ,pantai, kamar ataupu di perkebunan. Carilah tempat dimana kita dapat menstabilkan pikiran dan mampu nmelihat semua masalah dalam kehidupan ini secara jenih. Jika Anda ketempat dugem atau ketempat hiburan lainnya yang bersifat maksiat dan ternyata disan Anda melupakan semua masalah maka itu bukan tempat yang tepat. "Melupakan masalah berbeda jauh dengan menyelesaikan masalah".
             Setelah suasana nyaman berhasil Anda dapatkan, mungkin Anda bisa mencoba meditasi ringan. Tutup mata Anda seperti halnya berlatih meditasi. Dengarkan s emua suara yang ada di luar sana. Anda harus bisa mendengarka suara-suara itu, dan bisa mengindentifikasi masing-masing suara. Jangan kosongkan pikiran Anda (inilah kesalahan umum yang sering terjadi ketika seorang mencoba bermeditasi). Meditasi yang benar bukan pikiran mengosongkan pikiran, tapi justru mengendalikan pikairan. Identifikasi suara mobil, motor, angin, burung dan sebagainya. Rasakan udara memasuki hidung  memenuhi paru-paru Anda.

            Setelah proses-prose tersebut selesai Anda lakukan, piirkan permasalahan-permasalahan Anda. Ambil atu masalah, lalu coba pilih apa solusi terbaik dari masalah-masalah, lalu coba pilih apa solusi terbaik dari permasalahan itu. Munkin Anda akan menemukan beberapa alternatif. Pertimbangkan satu yang terbaik, benarkah itu solusi terbaiknya? lalu, apa kemungkinan terburuk jiak masalah itu tak terselesaikan dengan solusi pilihan Anda ini? Apa yang akab terjadi jika Anda menghadapai  kemungkinan terburuknya?
Setipa masalahan adlah sebuah pijakan yang akan membawa diri kita lebih tinggi. Kita dapat keluar dari sumur permasalahan sedalam apapun dengan terus menguncangkan hal-hal negatif yang menimpa kita.

              Berbahagialah dengan masalah yang menghampiri Anda, itu berarit Anda akan mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi disisih Allah Swt. Ingatlah bahwa masih banyak orang lain yang lebih besar cobaannya dari pada kita, mungkin kita pernah kehilangan uang seratus ribu, kita masih bersyukur karena ada orang yang kehilangan uang satu juta bahkan ratusan juta. Mungkin Anda pernah jatuh dari motor kemudian tangan dan kaki Anda terluka, kita masih bersyukur karena munkin ada orang yang lebih para lukanya ketika jatuh dari motor. Maka ketika Anda menghadapi suatu permasalahan maka ambillah hikmah dari permasalahan itu. Kalau Anda tenggelam dalam pikiran negatif, berhentilah dulu dari kegitan Anda, mulailah lagi dari nomor satu di hai berikutnya.

           Saudaraku, Bersabarlah dalam menghadapi setiap permasalahan karena kita hidup di dunia ini tidak akan lepas dari permasalahan. Itulah taraf menuju kedewasaan yang lebih baik.

2 komentar:

Ainuddin mengatakan...

Tulisannya bagus bos. Tapi alineanya terlalu rapat rapat banget. Kalo bisa dipukul lagi sedikit ke bawah setiap alineanya biar enak pembaca membacanya.

Ainuddin mengatakan...

Mau ngasi komentar juga susah karena kode moderasinya muncuk di dalam kolom, dan pada button "Kirim Komentar" terlalu tenggelam ke bawah karemna adanya form moderasi. Menurut saya, agar lebih enak pengunjung kalau mau komen, apalagi pengunung yang awam ttg dunia blogging seperti saya, bagusnya form moderasi ditiadakan aja.

Form moderasi cocok dipakai untuk menghindari spam, dan biasanya spammer hanya menyerang blog blog yang populer untuk menjajakan dagangan. Nah, blog antum ini kan masih sepi, jadi spammer gak tertarik. Jadi menurut saya tidak mengapalah form mederasinya disembunyikan dulu. Sekian.

Posting Komentar