Rintangan Sebagai tangga Untuk Mendewasakan Anda ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Rintangan Sebagai tangga Untuk Mendewasakan Anda

Kadang kala kita tercebur kedalam sumur (permasalahan). Mungkin salah satu jalan untuk keluar dari sumur itu adalah dengan mengguncangkan tanah dan kotoran dari hati dan pikiran kita untuk kemudian dijadikan sebagai pijakan keluar dair masalah itu.
Saat semua masalah sudah menarik kita terlalu dalam, mungkin kita tidak perlu tenggelam dalam dalam kepanikan yang malah meninmbun kita lebih dalam. Kita bisa berusaha untuk tetap tenang, menariknafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan (rasakanlah kenikmatannya). Mencari suasana paling nyaman, entah itu dipegunungan, sungai, pantai, kamar, atau diperkebunan. Carilah tempat dimana kita bisa menstabilkan pikiran dan mampu melihat setiap masalah dalam kehidupan di dunia ini secara jernih. Jika Anda ketempat dugem, dan ternyata disana Anda melupakan masalah maka itu bukan tempat yang tepat. "Melupakan masalah berbeda jauh dengan menyelesaiakn masalah."

Setelah suasana nyaman, coba tutup mata dan atur nafas Anda kemudian coba dengarkan suara alam, suara burung yang sedang bernyanyi, suara angin yang terdengar syahdu, suara kendaraan, dan suara hati Anda meminta untuk dibersihkan. Jangan kosongkan pikiran Anda (inilah kesalahan umum yang sering terjadi ketikan sesorang mencoba untuk bermeditasi). Meditasi yang benar bukan pikiran mengosongkan pikiran, tapi cobalah mengidentifikasi suar mobil, motor, angin, burung dan rasakan udara masuk kehidung memenuhi paru-paru Anda.
Setelah prosese-proses tersebut selesai Anda lakukan, pikirkan permasalahan- permasalahan Anda. Lalu coba pilih apa solusi terbaik dari masalah itu? Mungkin Anda akan menemukan beberapa alternatif. Pertimbangkan satu yang terbaik. Benarkah itu solusi terbaiknya? lalu apa kemungkina terburuk jika masalah itu malah tak terselesaiakan dengan solusi pilihan Anda? Apa yang akan terjadi jika Anda harus menghadapi kemungkinan terburuknya?
Setiap masalah adalah sebuah pijakan yang akan membawa diri Anda jauh lebih tinggi, kita bisa keluar dari sumur sedalam apapun, dengan terus mengguncankan hal-hal negatif yang menimpa diri Anda. JIka tidak dapat menyelesaikan massalah Anda, cobalah untuk bersilaturahmi kekeluarga,guru dan sahabat Anda, utarakan masalah-masalah Anda dan mintalah saran atau solusi dari mereka. Kalau Anda tenggelam dalam pikiran negatif, berhentilah dulu dari kegiatan Anda. Mulailah lagi dari nomor 1 di hari berikutnya.
so, bersabarlah menghadapi setiap permasalahan, karena manusi hidup tak akan lepas dari permasalahan. semakin banyak permasalahan, maka itulah tangganAnda menuju taraf kedewasaan yang lebih tinggi.
Berbagialah dengan masalah yang menghampirih Anda. Itu berarti Anda akan mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi disisi Allah SWT.

Allah berfirman, " setiap kesulitan pasti ada kemudahan"

0 komentar:

Posting Komentar