Senang, Sedih dan Marah dalam Dunia Blog ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Senang, Sedih dan Marah dalam Dunia Blog

Blog merupakan salah satu sarana dalam dunia internet yang dimanfaatkan oleh orang untuk menulis apa yang terinspirasi dalam benaknya yang tidak dapat atau berat mengucapkannya melalui lisan. Memang, ada orang ketika dlam sebuah perkumpulan atau rapat tidak dpat (berat) untuk mengeluarkan argumantasimya (walaupun dia memiliki usulan yang bagus) dikarenakan kurang percaya diri atau mental yang kurang bermental. Jujur saja, saya termasuk orang yang kurang kritis dan terasa berat dalam mengeluarkan pendapat (bukan tidak punya usulan atau pendapat loh),
tetapi sekali lagi, sifat malu an kurang percaya diri yang jadi masalah. Melalui sarana blog inilah setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya dan unek-unek yang terpendam berabad-abad lamanya he...melalui bentuk tulisan, lebih percaya diri karena hanya ditemani oleh komputer (kalau kurang percaya diri dan malu di depan komputer, itu sih lain lagi. Aneh...masa malu sama komputer. he...)
Salahsatu kelebihan mengeluarkan pendapat lewat tulisan adalah ketika kiata menulis, kita dapat meneliti kata-kata yang kurang atau berlebihan untuk di edit kembali. Sedangkan mngeluarkan pendapat lewat lisan,  kita tidak dapat menarik kata-kata kita yang telah terucap (tidak bisa di edit lagi), untuk itulah, mengeluarkan pendapat melalui lisan haruslah berhati-hati dalam mengeluakan argumentasi (penapt), sehingga perkataan kita tidak menjadi racun yang dapat meracuni diri kita (bukan mengancam ya).
Kembali ke blog. Di dalam dunia blog, kita dapat bertukar pendapat dengan orang lain, sehingga penulis dan pembaca dapat saling mengomentari artikel seara fack back (timbal balik). Tulisan kita pun yang ada di blog lebih bersifat universal atau menglobal yaitu dapat dibaca oleh setiap orang di seluruh penjuru dunia (tetunya jika pengunjung tertarik untuk membacaya).
Blog juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menuliskan kegembiran dan kesedihan (semacam curhat gitu), kita dapat megespresikan kegembiraanya dalam bentuk tulisan tanpa harus berteriak-teriak kegirangan he.... ketika dalam kesedihan, kita dapat melampiaskan kesedihan dalam bentuk tulisan, orang yang membaca artikel akan memberikan respon (komentar) dalam bentuk motivasi  melalui tulisan dan ketika lagi marah, kita dapat mengeluarkan segala kemarahan kita dalam bentuk tulisan, contoh; kemarahan kita kepada pemerintah yang tidak adil kepada rakyat kecil. kita dapat menuliskan kemarahan atau mengkritik pemerintah tersebut tanpa harus demo kesana-sini (nanti malah ditangkap polisi). Itulah beberapa manfaat dalam dunia blog, kita dapat mengespresikan pendapat, unek-unek, kesenangan, kesedihan dan lain-lain melalui tulisan yang tidak dapat kita spresikan melalui lisan.  

3 komentar:

wibowo susilo mengatakan...

idem... setuju dengan postingan diatas ^_^
udah di follo sob. salam kenal..

daerahku daerah Gambut mengatakan...

benar sekali sob, dengan blog kita bebas pengeluarkan pendapat, tp kalau bisa yang bebas pantas.:D

joesphotoshop mengatakan...

yah namanya personal blog...
semuanya bisa aja kita lakuin hehehe...
yang penting ga merugikan siapa-siapa!!!

Posting Komentar