Tugas UTS Bahasa Inggris Semester I Pasca Angkatan XIV ~ Open Your Mind!!
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS. AR RUUM:21)

Tugas UTS Bahasa Inggris Semester I Pasca Angkatan XIV



TUGAS : UTS BAHASA INGGRIS
DOSEN PENGAMPUH: Dr. ISTIQAMAH, MA
OLEH: IRFAN (2174100504)
SEMESTER/ANGKATAN: I / XIV PASCA IAIN Pontianak

Implementasi Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak
            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan tentang semakin menurunnya etika dan moral di kalangan pelajar dan semakin maraknya pengkomsumsian serta kenakalan pelajar, seperti perbuatan asusila, tawuran, pengkomsumsian minuman keras, narkoba bahkan perilaku bullying yang tidak saja terjadi di laur sekolah bahkan terjadi pula di lingkungan sekolah. Pendikan karakter diyakini sebagai cara yang signifikan untuk memecahkan masalah tersebut. Pendidikan karakter selain dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter mulia pada peserta didik, juga merupakan upaya dalam rangka pencapaikan tujuan penididikan nasional. Dengan demikian penerapan pendidikan karakter di sekolah merupakan sebuah keniscayaan.
            Fokus penelitian ini adalah tentang implementasi pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak, 2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak, 3) Keberhasilan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak.
            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriktif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi non-partisipan, dan studi dokumentasi. Sumber data utama adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, member check, pengecekan sejawat melalui diskusi dan kecukupan referensi. Tehnik analisi data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data display data dan penarikan kesimpulan.
            Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak terdiri dari perencanaan yang bersifat umum dan bersifat mendetail. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak dilakukan dalam tiga bentuk yaitu melalui kegiatan pembudayaan karakter dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan proses pembelajaran di kelas. 3) Keberhasilan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Kota Pontianak dapat dilihat melalui du acara yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.


Translate
Implementation of Character Education in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City

This research is motivated by a fact about the decline of ethics and morale among students and the increasingly widespread pengkomsumsian and delinquency of students, such as immoral, brawl, alcohol consumption, drugs and even bullying behavior that occurs not only in school, even occur in the school environment . Character education is believed to be a significant way to solve the problem. Character education in addition is intended to instill the values ​​of noble characters in learners, is also an effort in order to achieve the goal of national investigation. Thus the application of character education in schools is a necessity.
The focus of this research is on the implementation of character education in SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak. This study aims to find out: 1) Character education planning in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City, 2) Implementation of character education in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City, 3) Success in character education in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City.
This research uses qualitative approach with descriptive method. Techniques and data collection tools used were unstructured interviews, non-participant observations, and documentation studies. The main data sources are principals and teachers. While the technique of examining the validity of the data using extension techniques of participation, triangulation, member check, peer checking through discussion and reference adequacy. Analysis date techniques used consist of date collection, date reduction and date display drawing conclusions.
The results showed: 1) Character education planning in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City consists of general and detailed planning. 2) Implementation of character education in SD Muhammadiyah 2 Pontianak City is done in three forms, namely through the activities of character culture in daily life, extra curricular activities and learning process activities in the classroom. 3) The success of character education in SD Muhammadiyah Pontianak City can be seen through du event that is evaluation process and result evaluation.

0 komentar:

Posting Komentar